Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )
Satuan
Pendidikan : MIS. Mathla’ul Anwar
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester :
IV (Empat) / Ganjil
Materi Pokok : Hormat dan Patuh (Indahnya
Berperilaku Terpuji)
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 x 40 menit)
A.
Kompetensi Inti
(K1) : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
(K3) : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
(K4) : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator:
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1
|
2.4
|
Memliki sikap hormat dan patuh dalam kehidupan
sehari-hari
|
Menjelaskan pengertian sikap hormat dan patuh dalam
kehidupan sehari-hari
|
2
|
3.4
|
Memahami sikap hormat dan patuh dalam kehidupan
sehari-hari
|
Menyebutkan keuntungan memiliki sikap hormat dan
patuh dalam kehidupan sehari-hari
|
3
|
4.4
|
Menyimulasikan sikap hormat dan patuh dalam
kehidupan sehari-hari
|
Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan
sehari-hari
|
C.
Tujuan
Pembelajaran:
1.
Melalui kegiatan mengamati, bertanya dan mengikuti proses pembelajaran
dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) peserta didik
dapat menjelaskan sikap hormat dalam
kehidupan sehari-hari.
2.
Melalui kegiatan mengamati, bertanya dan
mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Heads
Together (NHT) peserta didik dapat menjelaskan sikap patuh
dalam kehidupan sehari-hari
D.
Materi Pokok/Pembelajaran:
Indahnya
Berperilaku Terpuji (1)
Allah
memerintahkan kepada kita untuk hormat dan patuh kepada orang tua. Beberapa
contoh sikap anak yang menghormati orang tua:
1.
Patuh dan taat bila dinasehati
2.
Rajin shalat dan belajar
3.
Membantu pekerjaan orang tua sesuai kemampuan
4. Mendoakan kedua orang tua
5. Tidak menyakiti hatinya
6. Bersikap dan bertutur kata yang sopan dan lemah lembut
Guru telah berjasa mendidik dan memberikan ilmu yang
bermanfaat kepada kita, karena itu kita wajib bersikap hormat dan patuh
kepadanya.
E.
Metode Pembelajaran:
1.
Pendekatan Scientific
2.
Model
pembelajaran Numbered
Heads Together
(NHT)
F.
Sumber Belajar:
1.
Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.
Buku
Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas IV
3.
Buku lain yang
memadai.
G. Media Pembelajaran:
1.
Media
a.
Video
Pembelajaran
b.
Visual (Gambar)
2.
Alat
a.
Komputer/Notebook
b.
Kertas Karton, Spidol, dll
H.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Guru membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta
didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru bertanya
kepada peserta didik tentang akhlak terpuji yang telah mereka pelajari;
c.
Guru
memberikan apresiasi terhadap semua pertanyaan peserta didik dan mengaitkannya
dengan unit pembahasan;
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran..
2.
Kegiatan inti ( 60 menit)
a.
Mengamati
mengamati gambar yang ada di buku cetak. Siswa mengamati
dengan teliti gambar yang ada tersebut bersama teman-temannya tentang perilaku
akhlak terpuji hormat dan patuh
b.
Menanya
1) Guru mendorong peserta didik
agar dapat bertanya sesuai gambar, misalnya: seorang anak sedang digendong oleh
siapa? Siapa yang membesarkan kita? Sebutkan jasa orang tua kepada kita?
2) Setelah proses bertanya peserta
didik diminta untuk menemukan jawaban pertanyaan tersebut dengan cara membaca
buku teks
c.
Explore
Untuk
menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang cocok diantaranya
model Numbered
Heads Together
(NHT). Langkah-langkah yang harus dipersiapkan adalah:
1)
Guru membagi peserta didik menjadi beberapa
kelompok yang anggotanya 4-5 orang, membuat nomor, mempersiapkan materi diskusi
(pengertian hormat dan patuh, contoh sikap hormat dan patuh, keuntungan
memiliki sikap hormat dan patuh)
2)
Setiap peserta didik dalam setiap kelompok
mendapatkan nomor
3)
Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
4)
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan
memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya dan mengetahui jawabannya
5)
Guru memanggil salah satu nomor peserta didik
(setiap peserta didik dari kelompok yang bernomor sama) mengangkat tangan dan
menyiapkan jawaban untuk seluruh kelas
6)
Guru secara random memilih kelompok yang harus
menjawab pertanyaan tersebut, selanjutnya peserta didik yang nomornya disebut
guru dari kelompok tersebut mengangkat tangan dan berdiri untuk menjawab
pertanyaan.
7)
Kelompok lain yang bernomor sama menanggapi
jawaban tersebut.
8)
Guru memberikan apresiasi kepada setiap
kelompok.
d.
Asosiasi
Membuat kesimpulan dari materi perilaku akhlak
terpuji hormat dan patuh yang telah
dipelajari
e.
Komunikasi.
1)
Menyampaikan kembali isi kesimpulan tentang materi
perilaku akhlak terpuji hormat dan patuh
2) Peserta didik memaparkan
contoh sikap hormat dan patuh yang bisa dilakukan baik di rumah atau sekolah
3.
Penutup
a.
Peserta didik
dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi
hormat dan patuh.
b.
Guru memberikan penekanan kepada peserta didik agar
senantiasa membiasakan diri untuk memiliki sikap hormat dan patuh..
c.
Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi
terhadap pembelajaran yang baru dilaksanakan, materi apa saja yang telah
dikuasai dan belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa
yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh dilakukan.
d.
Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi
berikutnya yaitu tentang kisah Siti Masyitahah.
e.
Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.
I.
Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Sikap
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
Sikap
c. Kisi-kisi :
Instrumen: Terlampir
2.
Sikap
Sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Antar Teman
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
Instrumen: Terlampir
3.
Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian :Tes Lisan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian tes
lisan
c. Kisi-kisi :
Instrumen: Terlampir
4.
Keterampilan
a. Teknik
Penilaian : Performance
b. Bentuk
Instrumen : Praktik
c. Kisi-kisi:
Instrumen: Terlampir
Bogor, ............................20…
Mengetahui:
Kepala Madrasah
Abrori, S.Pd.I
NIP : -
|
Guru Kelas
Marbawi,
S.Pd.I
NIP : 197503152005011003
|
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap)
Nama Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
VII / Ganjil
|
||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian Sikap
|
||||||
Penilai
|
:
|
Lembar Penilaian Sikap
|
||||||
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
|||||
Benar
|
Ragu-ragu
|
Salah
|
||||||
1
|
Kakak sedang belajar, adik menyetel radio dengan
suara yang keras
|
6
|
3
|
1
|
10
|
|||
2
|
Doni mengerjakan PR nya dengan sungguh-sungguh
|
6
|
3
|
1
|
10
|
|||
3
|
Apabila adik menangis, maka sebagai kakak kita harus
menghiburnya
|
6
|
3
|
1
|
10
|
|||
4
|
Ketika ibu memanggil kita, sedangkan kita sedang
asik bermain, maka sikap kita adalah mengacuhkannya
|
1
|
3
|
6
|
10
|
|||
5
|
Kita tidak boleh berkata kasar kepada orang tua dan
guru
|
1
|
3
|
6
|
10
|
|||
JUMLAH SKOR
|
20
|
15
|
15
|
50
|
||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||
Benar
Ragu-ragu
Salah
|
=
Skor 6
=
Skor 3
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
-------------- X 100
= -------
Skormaksimal
|
|
|||||
RUBRIK PENILAIAN
No. Soal
|
Rubrik
Penilaian
|
Skor
|
1
|
Benar skor 6, ragu-ragu skor 3, Salah skor 1
|
6
|
2
|
Benar skor 6, ragu-ragu skor 3, Salah skor 1
|
6
|
3
|
Benar skor 6, ragu-ragu skor 3, Salah skor 1
|
6
|
4
|
Benar skor 1, ragu-ragu skor 3, Salah skor 6
|
6
|
5
|
Benar skor 1, ragu-ragu skor 3, Salah skor 6
|
6
|
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Siswa yang
bersangkutan
(……………………………………………….)
Lampiran
2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
VII / Ganjil
|
||||||||
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
||||||||
Petunjuk:
a. Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok
lain
c. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap Peserta didik
|
||||||||||
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-
kadang
|
Tidak Pernah
|
|||||||
1
|
Suka
mengajarkan ilmu pengetahuan kepada temannya.
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
Segera
memberikan bantuan pemahaman ketika dimintai tolong temannya tentang
pelajaran.
|
|
|
|
|
|
||||
3
|
Tidak
pelit ketika temannya meminjam buku pelajaran.
|
|
|
|
|
|
||||
4
|
Tidak
menyombongkan diri karena ilmu yang ia miliki.
|
|
|
|
|
|
||||
5
|
Tidak
membeda-bedakan pergaulan dengan dasar kepandaian.
|
|
|
|
|
|
||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak
pernah
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
----------------- X 100
= -------
Skormaksimal
|
|
|
||||||
CATATAN:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
||||||||||
…………………….,
Tanggal : ……..……...
Ketua kelompok
(……………………………………………….)
Lampiran
3 : Instrumen Penilaian (Aspek
Pengetahuan)
Kelas
/ Semester
|
:
|
VII / Ganjil
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
2.4 Memliki sikap
hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
3.4 Memahami sikap
hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
4.4 Menyimulasikan
sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Indikator
|
:
|
2.4
Menjelaskan pengertian sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari
3.4
Menyebutkan keuntungan memiliki sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari
4.4
Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Tulisan.
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
Indikator
|
Instrumen
|
1.
Menjelaskan pengertian sikap
hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari
2.
Menyebutkan keuntungan memiliki sikap hormat dan
patuh dalam kehidupan sehari-hari
3.
Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan
sehari-hari
|
1.
Anak shaleh adalah anak yang selalu……perintah
orang tuanya.
2.
Apabila mendapat tugas dari guru maka kamu
harus…
3.
Terhadap yang lebih tua kita harus bersikap…
4.
Terhadap yang lebih muda kita harus bersikap…
5.
Anak yang menaati perintah guru dan rajin belajar akan mudah meraih…
6.
Sikap menjalankan semua perintah yang baik dari orang lain disebut….
7.
Sikap menghargai sesama disebut.…
8.
Imbalan bagi anak yang menghormati dan patuh kepada orang tuanya
adalah…
9.
Berkata kasar dapat…………….orang tua
10. Buatlah contoh ungkapan
kalimat yang menunjukkan sikap patuh kepada orang tua dan guru!
|
No
|
Jawaban
|
1
|
Mematuhi
|
2
|
Mengerjakan
|
3
|
Hormat
|
4
|
Menghormati
|
5
|
Kesuksesan
|
6
|
Patuh
|
7
|
Hormat
|
8
|
Pahala
|
9
|
Menyakitkan
|
10
|
Mendoakan kepada
orang tua dan selalu memohonkan ampunan kepada Allah Swt
Mengucapkan salam
terlebih dahulu kepada guru ketika bertemu
|
RUBRIK PENILAIAN
No. Soal
|
Rubrik
Penilaian
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang
lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak
lengkap
|
6
4
2
|
2
|
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang
lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak
lengkap
|
6
4
2
|
3
|
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang
lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak
lengkap
|
6
4
2
|
4
|
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang
lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak
lengkap
|
6
4
2
|
5
|
Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang
lengkap
Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak
lengkap
|
6
4
2
|
Bogor, ………………….20...
Guru Pend. Agama
Islam
Marbawi, S.Pd.I
NIP : 197503152005011003
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Tema : .............................................................................................................................
Sub. Tema : .............................................................................................................................
Hari/Tanggal : .............................................................................................................................
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perilaku Yang Diamati
|
||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
|
Mata Pelajaran : ..................................................
Hari/Tanggal : ..................................................
Alokasi Waktu : ..................................................
Ayo Berlatih.!
A. Isilah titik-titik di bawah ini
1.
Anak shaleh adalah anak yang selalu……perintah
orang tuanya.
2.
Apabila mendapat tugas dari guru maka kamu harus…
3.
Terhadap yang lebih tua kita harus bersikap…
4.
Terhadap yang lebih muda kita harus bersikap…
5.
Anak yang menaati perintah guru dan rajin belajar akan mudah meraih…
6.
Sikap menjalankan semua perintah yang baik dari orang lain disebut….
7.
Sikap menghargai sesama disebut.…
8.
Imbalan bagi anak yang menghormati dan patuh kepada orang tuanya adalah…
9.
Berkata kasar dapat…………….orang tua
B.
Tugasku
Buatlah contoh ungkapan kalimat yang menunjukkan sikap
patuh kepada orang tua dan guru!
No comments:
Post a Comment