Wednesday, October 15, 2014

ABHY TAZKIYA_GOD'S LAW OF CREATURES (Hukum Tuhan Terhadap Makhluk)

GOD'S LAW OF CREATURES
(Hukum Tuhan Terhadap Makhluk)
Oleh : Jawi "MARBAWI" Al-Kurdiy

Hukum Tuhan adalah hukum yang dibuat oleh sang Pencipta yakni Allah SWT untuk makhluknya (manusia) agar kehidupan mereka sesuai dengan Norma yang ditentukan oleh Allah. Dan hukum Tuhan yang berlaku terhadap makhluk-Nya yaitu:

1. Hukum Tuhan yang Tertulis, atau bisa disebut juga dengan hukum Tuhan yang Tersurat, kalau dalam istilah ilmu pengetahuan sering disebut "Rule Of Law".
2. Hukum Tuhan yang tidak Tertulis, atau disebut pula dengan hukum Tuhan yang Tersirat, dalam bahasa ilmu pengetahuan dikenal dengan istilah "Rule Of God" atau "Rule Of Nature" atau "Sunnatullah (hukum Alam)".

Kedua hukum sebagaimana tersebut di atas mempunyai karakteristik masing-masing. Diantara karakteristik tersebut adalah adanya "Time Respond" atau reaksi waktu yang melekat pada kedua hukum tersebut.

Pada hukum Tuhan yang Tertulis "Time Respond" atau reaksi waktu yang dimiliknya itu sangat panjang, bahkan lebih panjang dari usia manusia dan tidak bisa dicoba dengan jalan eksperimen (percobaan), seperti halnya Allah swt menjanjikan kepada hamba-Nya baik yang taat ataupun yang melakukan maksiat akan diberikan pahala terpuji dan azab yang tercela. Hal ini mempunyai "Time Respond" atau reaksi waktu yang panjang dan tidak bisa dicoba dengan jalan eksperimen (percobaan), karena time respond atau reaksi waktunya sangat panjang, maka hukum ini ditulis dalam al-Quran sehingga tidak akan hilang begitu saja dan terus melekat sampai akhir kehidupan ini.

Sedangkan hukum Tuhan yang tidak tertulis (tersirat) "Time Respond" atau reaksi waktu yang dimiliknya itu sangat pendek, bahkan lebih lebih pendek dari usia manusia dan bisa dicoba dengan jalan eksperimen (percobaan), seperti halnya ketika seseorang akan menanak nasi atau memasak air di atas kompor 10 sumbu dan dalam jangka waktu 10 menit air itu akan mendidih. Waktu 10 menit itulah yang disebut "Time Respond" atau reaksi waktu yang pendek, kependekan waktunya lebih pendek dari usia manusia. Itulah yang disebut hukum Tuhan yang tidak tertulis atau yang lebih dikenal dengan istilah HUKUM ALAM (SUNNATULLAH).

Wallahu A'lam......
Tafaddol Iqro.....!!!!!!!

No comments:

Post a Comment