Monday, October 27, 2014

HIKMAH DIBALIK PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESIONALISME GURU (PLPG)

HIKMAH DIBALIK PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESIONALISME GURU (PLPG) 
DI HOTEL BANDUNG PERMAI 2014
Oleh : Jawi "MARBAWI" Al-Kurdiy
 

Pendidikan dan latihan profesionalisme guru atau yang lebih dikenal dengan istilah PLPG merupakan bagian terpenting dan bahkan menjadi syarat mutlak untuk mendapatkan legalitas formal dalam jabatan guru profesional, alhasil tanpa PLPG seorang guru tidak akan menyandang sebagai guru profesional secara formal yang dibuktikan dengan sehelai kertas berukuran A4 (sertifikat). Namun, apakah keprofesionalismean guru cukup dibuktikan dengan hal-hal seperti itu?. Sudah barang tentu jawabannya "tidak", karena sikap profesional seseorang itu sangat subjektif, tergantung bagaimana orang tersebut memiliki kesungguhan dan tanggungjawabnya.

PLPG yang dilaksanakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gununug Djati Bandung Angkatan ke-5 di Hotel Bandung Permai mulai dari tanggal 25 September s.d 04 Oktober 2014 (10 hari), menyimpan banyak kisah dan kenangan yang tidak mudah untuk dilupakan. Terutama dalam hal pendidikan (ilmu) yang diberikan oleh para Widyaiswara, segudang pengalaman dan ilmu mereka tumpahkan dihadapan para peserta PLPG dengan penuh keikhlasan yang bertujuan untuk bersama-sama mengangkat harkat dan martabat GURU MADRASAH yang selama ini dianggap kurang berkualitas.

Sepuluh hari terlalu singkat untuk dilalui dalam PLPG ini, namun hikmah dan manfaatnya sangat dan amat berharga bahkan tidak ternilai harganya. Suka dan duka senantiasa menyelimuti ruang dan waktu dari hari ke hari tanpa ada pergeseran sedikitpun, dan inilah yang membuat washilah jalinan benang emas dalam bershilaturrahim semakin erat dan kuat. Andaisaja PLPG ini terus berjalan disetiap kesempatan, maka yakinlah GURU MADRASAH akan menjadi teladan bagi semua insan panutan dimanapun berada. Semoga apa yang telah didapat bermanfaat bagi kita semua di dunia maupun di akhirat kelak, sehingga kita dapat menempati ruang "MAQAMAN MAHMUDAN".
Tulisan ini diperuntukkan:
1. Peserta PLPG Angkatan 5 (Kelompok 1 s.d 16)
2. Khususon Kelompok 15 dan 16
3. Teristimewa: (KH. Muslim, M. Muslih, Eep Haetami (kamar 319)
3. Lebih Teristimewa: (Lusiah, Janaria, Ibu Kokom, Ibu Yani, Dkk)
Sukses. Brooooooooooooooooooo........!!!!!

No comments:

Post a Comment