Wednesday, October 15, 2014

DISIPLIN DALAM MENGGUNAKAN WAKTU
Oleh : Jawi "MARBAWI" Al-Kurdiy

 
Disiplin adalah kesadaran untuk melakukan sesuatu pekerjaan dengan tertib dan teratur sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab tanpa ada unsur keterpaksaan dari siapa pun dan dari pihak manapun.

Kedisiplinan mempunyai peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Berkualitas atau tidaknya belajar siswa sangat dipengaruhi oleh faktor yang paling pokok yaitu kedispilan, disamping faktor lingkungan, baik keluarga, sekolah, kedisiplinan serta bakat siswa itu sendiri.

Salah satu diantara untuk mencapai tujuan pendidikan adalah tertanamnya "kedisiplinan terhadap pemanfaatan waktu yang efektif dan efisien" dalam setiap langkah yang ingin dicapai.

Mengapa demikian,? karena waktu adalah sumber utama dari semua bentuk kegiatan yang ada dimuka bumi ini, tanpa adanya waktu apapun itu kegiatannya yakin tidak akan membuahkan "natijah" yang sempurna. Itulah mengapa sebabnya Allah SWT sampai berfirman dalam al-Quran :

1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al-Ashr : 1-3)

Perlu diketahui, bahwa dalam ayat di atas Allah SWT mengawali firman-Nya ini dengan kata "DEMI". ini menunjukan adanya kata sumpah. Menurut Ulama ahli Nahwu (Gramer Bahasa Arab) bahwa "Huruf Wawu" yang ada pada kata "Al-Ashr" adalah :

"Wawu Qasam", dengan i'rabnya adalah: Wawu qasam, al-ashri maqasam bih majrur, wa alamatu jarrihi kasratun zhahiratun fi akhirihi".

Alhashil bahwa saking pentingnya waktu atau masa, Allah SWT sampai bersumpah kepada dzatnya sendiri. Sedangkan kata-kata sumpah apabila dilanggar akan memungkinkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu Allah SWT memberikan tahqiq dan taukid pada ayat kedua dan berikutnya dengan kata : "Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran".

Wallahu A'lam........

1 comment: